Warning: is_dir(): open_basedir restriction in effect. File(/www/wwwroot/lsp-mpsdm.com/wp-content/plugins/wpdiscuz/themes/default) is not within the allowed path(s): (/home/lspmpsdm/:/tmp/:/usr/share/pear/:/home/kloxo/client/lspmpsdm/session/:/home/kloxo/httpd/script/:/home/kloxo/httpd/disable/:) in /home/lspmpsdm/lsp-mpsdm.com/wp-content/plugins/wpdiscuz/forms/wpdFormAttr/Form.php on line 157
Unit Kompetensi "Melakukan Administrasi Penerapan Kebijakan MSDM" - LSP MPSDM
Back
sertifikasi sdm himpsi

Unit Kompetensi “Melakukan Administrasi Penerapan Kebijakan MSDM”

Tentang Unit Kompetensi “Melakukan Administrasi Penerapan Kebijakan MSDM”  dalam Sertifikasi SDM

Yaitu suatu satuan kompetensi yang merujuk pada keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan oleh seorang individu dalam melaksanakan tugas-tugas administratif yang terkait dengan penerapan kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) di dalam suatu organisasi.

Dalam konteks ini, MSDM mengacu pada praktek-praktek dan kebijakan yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan. Unit kompetensi ini melibatkan berbagai tugas yang berkaitan dengan implementasi kebijakan-kebijakan MSDM, termasuk tetapi tidak terbatas pada:

  1. Pengumpulan dan Pengolahan Data: Mencakup kemampuan untuk mengumpulkan data terkait karyawan, seperti data pribadi, data kehadiran, data kinerja, dan lain-lain. Selanjutnya, kemampuan untuk mengolah dan mengorganisir data ini secara efisien dan akurat.
  2. Penerapan Kebijakan Ketenagakerjaan: Melibatkan proses pelaksanaan kebijakan terkait ketenagakerjaan, seperti peraturan perusahaan, regulasi pemerintah, dan kontrak kerja.
  3. Pengelolaan Administrasi Karyawan: Termasuk dalamnya administrasi terkait absensi, cuti, izin, serta administrasi perubahan status karyawan seperti kenaikan pangkat atau pergantian posisi.
  4. Pelaporan dan Dokumentasi: Kemampuan untuk menghasilkan laporan berkala terkait data karyawan, pengeluaran tenaga kerja, dan sejenisnya. Juga melibatkan penyimpanan dan pengarsipan dokumen terkait MSDM secara rapi.
  5. Kepatuhan dan Konsistensi: Memastikan bahwa semua tindakan administratif dan kebijakan yang diimplementasikan sesuai dengan standar dan peraturan yang berlaku, serta konsisten dengan nilai-nilai perusahaan.
  6. Kemampuan Komunikasi: Dalam konteks administrasi MSDM, komunikasi yang efektif diperlukan untuk menjelaskan kebijakan, memberikan petunjuk kepada karyawan, dan berinteraksi dengan berbagai pihak terkait.

Unit kompetensi ini menggambarkan keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas-tugas administratif MSDM dengan lancar dan efisien. Menguasai unit kompetensi ini penting bagi individu yang bekerja di departemen SDM atau yang bertanggung jawab atas administrasi sumber daya manusia dalam organisasi.

Dalam Sertifikasi Bidang SDM (Sumber Daya Manusia) Unit kompetensi ini akan diuji dan dinilai oleh asesor LSP MPSDM dan termasuk parameter Kompetensi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

John Doe

Typically replies within a day

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!