Warning: is_dir(): open_basedir restriction in effect. File(/www/wwwroot/lsp-mpsdm.com/wp-content/plugins/wpdiscuz/themes/default) is not within the allowed path(s): (/home/lspmpsdm/:/tmp/:/usr/share/pear/:/home/kloxo/client/lspmpsdm/session/:/home/kloxo/httpd/script/:/home/kloxo/httpd/disable/:) in /home/lspmpsdm/lsp-mpsdm.com/wp-content/plugins/wpdiscuz/forms/wpdFormAttr/Form.php on line 157
Melakukan Administrasi Pengupahan - LSP MPSDM
Back
administrasi pengupahan

Melakukan Administrasi Pengupahan

Tentang Unit Kompetensi Melakukan Administrasi Pengupahan Sertifikasi SDM

Melakukan Administrasi Pengupahan adalah unit kompetensi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Nomor 297 Tahun 2020 Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Unit kompetensi ini membahas tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh seorang tenaga administrasi pengupahan dalam mengelola dan mengelola data karyawan, menghitung upah, dan membayar upah karyawan.

Unit kompetensi Melakukan Administrasi Pengupahan terdiri dari 4 elemen kompetensi, yaitu:

  1. Mengidentifikasi dan mengkompilasi ketentuan serta prosedur administrasi pengupahan
  2. Menghitung upah sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  3. Melakukan pembayaran upah karyawan secara akurat dan tepat waktu sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  4. Mendokumentasikan bukti-bukti dan dokumen pelaksanaan hasil pembayaran upah pekerja

Untuk dapat memenuhi unit kompetensi Melakukan Administrasi Pengupahan, seorang tenaga administrasi pengupahan harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang meliputi:

  • Pengetahuan tentang peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pengupahan
  • Pengetahuan tentang sistem penggajian
  • Pengetahuan tentang komputer dan aplikasi penggajian
  • Keterampilan dalam mengoperasikan komputer dan aplikasi penggajian
  • Keterampilan dalam menghitung angka
  • Keterampilan dalam mengetik
  • Keterampilan dalam berkomunikasi
  • Keterampilan dalam bekerja sama

Unit kompetensi Melakukan Administrasi Pengupahan sangat penting untuk dimiliki oleh seorang tenaga administrasi pengupahan karena dapat membantu perusahaan dalam mengelola dan mengelola data karyawan, menghitung upah, dan membayar upah karyawan secara akurat dan tepat waktu. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk memenuhi kewajibannya kepada karyawan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu, hal ini juga dapat membantu perusahaan untuk menjaga motivasi dan produktivitas karyawan.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh perusahaan jika memiliki tenaga administrasi pengupahan yang kompeten:

  • Perusahaan dapat memenuhi kewajibannya kepada karyawan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Perusahaan dapat menjaga motivasi dan produktivitas karyawan.
  • Perusahaan dapat menghemat biaya karena tidak perlu membayar jasa konsultan atau perusahaan outsourcing untuk mengelola dan mengelola data karyawan, menghitung upah, dan membayar upah karyawan.
  • Perusahaan dapat meningkatkan efisiensi kerja karena tenaga administrasi pengupahan dapat melakukan tugas-tugas administrasi pengupahan secara mandiri dan tidak perlu menunggu bantuan dari pihak lain.

Jika Anda tertarik untuk menjadi tenaga administrasi pengupahan, Anda dapat mengikuti pelatihan dan Sertifikasi di LSP MPSDM. Yaitu agar anda dapat menambah/memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memenuhi unit kompetensi ini. Anda juga dapat mencari pengalaman kerja di bidang administrasi pengupahan untuk meningkatkan keterampilan Anda.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

John Doe

Typically replies within a day

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!