Warning: is_dir(): open_basedir restriction in effect. File(/www/wwwroot/lsp-mpsdm.com/wp-content/plugins/wpdiscuz/themes/default) is not within the allowed path(s): (/home/lspmpsdm/:/tmp/:/usr/share/pear/:/home/kloxo/client/lspmpsdm/session/:/home/kloxo/httpd/script/:/home/kloxo/httpd/disable/:) in /home/lspmpsdm/lsp-mpsdm.com/wp-content/plugins/wpdiscuz/forms/wpdFormAttr/Form.php on line 157
Semua Hal Tentang Menyusun Uraian Jabatan Dalam SDM - LSP MPSDM
Back
menyusun uraian jabatan

Semua hal tentang Menyusun Uraian Jabatan dalam SDM

Pendahuluan

Menyusun uraian jabatan adalah proses yang melibatkan pembuatan deskripsi rinci mengenai tugas, tanggung jawab, dan persyaratan yang terkait dengan suatu posisi atau pekerjaan di dalam organisasi. Uraian jabatan merupakan dokumen yang menyajikan informasi terperinci tentang pekerjaan tertentu, yang digunakan sebagai panduan dan acuan dalam manajemen sumber daya manusia.

Dalam menyusun uraian jabatan, beberapa hal yang biasanya dijelaskan antara lain:

  1. Deskripsi Tugas: Merincikan tugas-tugas utama yang harus dilaksanakan oleh pemegang jabatan tersebut. Deskripsi ini berisi informasi tentang kegiatan sehari-hari yang dilakukan, termasuk pekerjaan rutin dan proyek khusus yang mungkin perlu diselesaikan.
  2. Tanggung Jawab: Menyajikan daftar tanggung jawab yang melekat pada posisi tersebut. Tanggung jawab dapat mencakup hal-hal seperti pengambilan keputusan, supervisi staf, dan pemenuhan target kinerja.
  3. Persyaratan dan Kualifikasi: Menyatakan persyaratan pendidikan, pengalaman, keterampilan, dan sertifikasi yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut. Ini membantu dalam menetapkan standar yang harus dipenuhi oleh calon karyawan yang ingin mengisi posisi tersebut.
  4. Kondisi Kerja: Merincikan informasi tentang lingkungan kerja, jadwal kerja, tingkat tekanan kerja, dan aspek-aspek lain yang mempengaruhi pelaksanaan tugas-tugas dalam posisi tersebut.
  5. Hubungan Kerja: Menjelaskan tentang hubungan kerja yang dibangun dengan departemen atau tim lain dalam organisasi. Hal ini membantu calon karyawan memahami cara kerja di dalam organisasi dan bagaimana perannya berkontribusi terhadap keseluruhan visi dan misi perusahaan.

Kesimpulan

Uraian jabatan berfungsi sebagai alat penting dalam manajemen sumber daya manusia (SDM). Dokumen ini digunakan untuk berbagai tujuan, seperti dalam proses rekrutmen dan seleksi, penilaian kinerja, pengembangan karyawan, serta menetapkan struktur organisasi yang efisien. Uraian jabatan membantu memastikan bahwa setiap pekerjaan diorganisasi memiliki peran dan tanggung jawab yang jelas, sehingga memfasilitasi manajemen yang efektif dan pencapaian tujuan organisasi.

Dalam Pelatihan dan Sertifikasi SDM di LSP MPSDM terdapat Unit Kompetensi Menyusun Uraian Jabatan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di form kontak atau nomor  yang tertera di website ini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

John Doe

Typically replies within a day

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!